. Ahlan wa Sahlan: _ONLINE_

Sabtu, 21 Mei 2011

_ONLINE_

@Siang malam hanya menatap sebuah layar…..
online, online dan online…@

Hehehehe….., kalimat itu yang pantaslah untuk kita saat ini.(untuk kita..? pasti ada tuh yang bilang..”loe aja kale bukan gue") ya udah.., untuk semua orang yang merasa dirinya selalu berada dalam dunia maya.
yang paling parah lagi nih, online nya hanya buat pesbukan dan chattingan ( waduh, duh..,duh..)

Dunia maya…,
Di lihat dari namanya saja maya, yang artinya gak jelas, gak nyata. Tapi kok orang-orang antusias banget ya buat ngegunain si maya ini..??? apalagi tuh, disediakan fasilitas Facebook dan layanan untuk chatting, bertambah lengkaplah sudah si maya-mayaan. (upsstt, maaf yang namanya adalah maya. Bukan kamu kok) hehehehe…

Ya bener sih.., di dunia maya (internetan) kita dapat berkomunikasi dengan orang-orang yang ada diseluruh penjuru dunia, dapat memperoleh informasi yang selalu update, memperoleh ilmu yang lebih banyak…. Tapi kan..??? gak semua orang tuh memanfaatkan hal seperti itu…( maaf nih, pemikirannya ana saja).

Dunia maya ini bagaikan narkoba lah…, sekali aja terjun di dalamnya maka akan sangat sulit untuk melepaskannya. Karena adanya adiksi (ketergantungan)… lho kok ketergantungan..??? ya jelaslah, karena adanya sugesti dalam diri untuk mengatakan “ ayo online, ayo online Si dia telah mengunggu kamu tuh” ( nah lho.??? Siapa tuh Si dia..??) Hehehehe……
itu tuh yang paling banyak terjadi di dunia perchattingan. Apalagi saat ini dunia perchattingan di lengkapi dengan webcam, headset yang dapat melihat wajah dan mendengar suara lawan bicara kita…( duh.., duh..,duh.., siapa ya..??)

Kemarin ana sempat ikut tarbiyah gabungan terus ustadz nagsih tuh gimana cara yang baik ngegunain internet, moga bisa bermanfaat bagi diri ku dan diri mu…
Perkara-perkara dalam berinternet :

1.Gunakan dalam hal-hal yang baik….., seperti untuk berdakwah ( hebat juga tu orang kafir, menyediakan sarana dakwah untuk kita, heheheh) dan mencari ilmu.

2.Mencari situ-situs Islami…

3.Kalo mau cari ilmu syar’i jangan menggunakan fasilitas Yahoo dan Google.. Hmm, kata  ustadz nih (mencoba untuk menjelaskan) hal itu di karenakan layanan tersebut adalah buatan orang kafir. Misal kita memasukan kata kunci pada Google “Wanita Muslimah” maka yang muncul bukan hanya wanita muslimah saja, wanita-wanita yang lain pun akan muncul. ( katanya sih.., kalo mau coba ya silahkan.., dosa di tanggung sendiri ya.. ), trus yang kedua Yahoo, yahoo tuh yang nyediain kita chattingan. Chatting artinya ngobrol, sedangkan ngobrol dengan lawan jenis saja yang bukan mahram sangat di batasi. Truss, gimana dong kalo mau ngobrol dengan lawan jenis di dunia maya ??? satu kata “ BAHAYA”. Lebih bahaya saat kita ngobrol di dunia nyata. Kok bahaya..?? ya iyalah bahaya, karena saat kita ngobrol di dunia maya, tak ada yang mengawasi. Yang terlibat didalammnya adalah mereka berdua yang di lakukan secara sendirian.*wong, ngobrol dunia nyata aja, masih bisa timbul fitnah palagi di dunia maya..????

4.Harus tau, tujuan untuk menggunakan internet buat apa. Jangan setelah duduk di depan laptop or computer gak tau mau buka apaan. Ya, jadinya buka-bukaan deh.( lho kok buka-bukaan ..??? hehehehe.) Maksudnya buka situs-situs yang gak jelas gitu. ( tau dong, apaan)

5.Jangan tertipu dengan tipuan syetan. Iya syetan tuh, teramat sangat licik. Tapi kita bisa kok
ngelawan kelicikannya. Caranya…??? Dengan menghadirkan Allah di hati kita.

6.Jangan meletakkan komputer atau laptop di tempat-tempat yang tersembunyi. Maksudnya, saat kita membuka internet ( kalo yang di rumah), usahakan ditempat-tempat yang selalu di lewati sama orang-orang( biar kita terawasi, dan tak tergoda untuk membuka hal-hal yang gak jelas). Namun sayang, sekarang ini kebanyakan warnet yang menyediakan kamar atau tempat khusus untuk yang seperti itu. (semoga mereka sadar akan perbuatan mereka)

7.Jauhi teman yang buruk. Kalo ada tuh temen yang mau nyuruh kita untuk membuka hal-hal yang gak jelas, segera jauhi dirinya. Pasang jurus seribu langkah buat jauhin dirinya., hehehehehe. Karena agama seseorang itu di tentukan oleh agama temennya. So, pintar-pintar lah memilih teman.(eeiisst.., maksudnya berteman dengan siapa saja boleh, namun jadikan sahabat orang2 yang agamanya baik) okok…

8.Menghadirkan rasa takut… “INGAT, Allah lebih dekat dengan kita ketimbang tombol enter” paham you..????

9.Dan yang terakhir…., kata ustadz “ hindarilah yang namanya Fcaebook dan Chatting”. Namun kesemuanya harus kembali pada niat. Setuju…?????


InsyaAllah kita semua tetap istiqomah di jalanNYa. Dan dapat menjadi Muslim dan Muslimah yang kaffah. Amin ya Robb…
FMUBS, Gorontalo, 1 Juli 2009







20.40 wita

0 komentar: